Objek Wisata Bali

informasi tentang tempat wisata di Bali

Wisata Desa Penglipuran




 
     Desa adat Penglipuran merupakan satu kawasan pedesaan yang memiliki tatanan spesifik dari struktur desa tradisional, sehingga mampu menampilkan wajah pedesaan yang asri. Penataan fisik dan struktur desa tersebut tidak terlepas dari budaya masyarakatnya yang sudah berlaku turun temurun.
Keasrian Desa adat Penglipuran dapat dirasakan mulai dari memasuki kawasan pradesa. Pada areal `catus pata` setelah prosesi tersebut, merupakan areal tapal batas memasuki desa adat penglipuran. Balai masyarakat dan fasilitas kemasyarakatan serta ruang terbuka pertamanan, merupakan daerah selamat datang (welcome area).





     Keunggulan dari desa adat Penglipuran ini terletak pada penampaan struktur fisik desa serupa dan seragam dari ujung utama desa sampai ke bagian hilir desa. Topografi desa tersusun sedemikian rupa dimana pada daerah utama desa kedudukannya lebih tinggi, demikian seterusnya menurun sampai daerah hilir.

     Keseragaman dari wajah desa tersebut disamping karena adanya keseragaman bentuk juga dari keseragaman bahan yaitu bahan tanah untuk tembok penyengker dan atap dari bambu untuk bangunan seluruh desa. Desa adat Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli dan berjarak 45 km dari Kota Denpasar. Obyek wisata ini mudah dijangkau karena berada dijalan utama Bangli-Kintamani. Filsafat hubungan yang selaras antara alam dan manusia dan kearifan manusia mendayaguna- kan alam sehingga terbentuk ruang kehidupan, terlihat jelas dalam area kawasan obyek wisata Penglipuran.


   

      Desa yang jaraknya hanya lima kilometer dari pusat kota Bangli memiliki potensi budaya  yang sampai saat ini terpelihara dengan baik, salah satunya adalah hutan Bambu yang sudah ada sejak ratusan tahun silam.

0 komentar:

Posting Komentar